Tips agar dapat memindahkan phonebook ke ponsel lain jika anda yang ingin mengganti ponselnya yang lama dengan yang baru. sebagai berikut :


1.Cara tradisional
Cara yang paling mudah dan berlaku untuk sebagian besar ponsel adalah dengan memindahkan phonebook (yang ada di memori ponsel) ke memori kartu SIM. Tapi Anda mesti ingat, kapasitas maksimal kartu SIM biasanya hanya 100 hingga 250 buah. Jadi jika datanya lebih dari seribu buah maka akan merepotkan.
  • Untuk yang mau mencoba caranya yakni; Masuk ke “Contacts”, tekan “Option” (pilihan), pilih “Mark All” (tandai Semua)
  • Tekan “Option” (pilihan) lagi, pilih “Copy” kemudian pilih “Copy to SIM directory”.  Setelah selesai, silahkan pasang kartu SIM tadi ke ponsel yang baru.

2. Via MS Outlook
MS Outlook adalah aplikasi Personal Information Manager milik Miscosoft Windows yang salah-satu fungsinya adalah untuk menyimpan kontak. Mungkin karena Microsoft Windows memiliki pangsa pasar sistem operasi PC terbesar di dunia, dijadikan alasan para pabrikan ponsel menanakan fungsi sinkronisasi yang kompatibel dengan MS Outlook.
Jadi, ketika ponsel Anda sudah disinkronkan datanya ke MS Outlook maka dengan mudah Anda juga bisa memindahkan data tersebut ke ponsel lain. Ini contoh cara memidahkan data phonebook Nokia ke Blackberry.
  • Instal Nokia PC Suite dari CD paket pembelian. Atau jika tidak ada silahkan download secara gratis di www.nokia.co.id. Aktifkan menu “Synchronise” di Nokia PC Suite”,  kemudian pilih “Setting”.
  • Berikutnya akan muncul jendela “Select PC Application”,  pilih “Microsoft Outlook”, kemudian klik “Next”.
  • Sekarang masuk ke “Outlook profile selection”,  klik “Select folder” dan tentukan masing-masing folder sesuai dengan tempan penyimpan datanya. Salah satu contoh Contact maka pilih di folder “Contact”. Setelah selesai klik “ Ok “
Sampai di sini proses setting secara umum sudah selesai. Namun jika Anda menginginkan settingan lanjutan (Advance) semisal untuk pembaruan data, misalnya apakah data ponsel yang memperbaharui Microsoft Outlook atau sebaliknya. Atau mungkin Anda meginginkan keduanya saling melengkapi. Tinggal pilih Update in both direction, Only-update mobile phone to Microsoft Outlook atau “Only-update Microsoft Outlook data to the mobile phone.
Di settingan “Advance “ juga terdapat pilihan aktivasi menu sinkronisasi secara manual atau otomatis. Sekarang data di ponsel Nokia sudah di copy di MS Outlook. Langkah selanjutnya, sinkronkan Blackberry Anda ke MS Oulook.

semoga bermafaat.